Rabu, 20 November 2013

MANFAAT SPIRULINA (Herbal Reaksi Cepat)

Barang Bisa didapatkan di Permata Herbal (081332007707)
Di Copy dari : www.nurusy-syifa.com
SPIRULINA telah terbukti berkhasiat untuk meningkatkan berat badan dan menyembuhkan anemia pada anak-anak kurang gizi yang terinfeksi HIV maupun yang tidak terinfeksi HIV karena kualitas nutrisi yang sangat baik.Spirulina efektif bagi perbaikan klinis melanosis dan keratosis akibat keracunan arsen yang kronis.
Sebuah studi di 2005 menemukan bahwa spirulina melindungi dari demam. Sebuah studi yang lebih baru, dengan metode double-blind yang dikontrol dengan placebo pada tahun 2008 melibatkan 150 pasien rinitis alergi, menemukan bahwa Spirulina Platensis secara signifikan mengurangi sekresi Pro-inflamasi interleukin-4 sebanyak 32 %, dan pasien mengalami gejala relief. Selain itu, Spirulina ditemukan dapat mengurangi peradangan dalam artritis pada pasien geriatri dengan merangsang sekresi interleukin-2, yang membantu dalam mengatur respon peradangan.
Sebuah studi pada 2007 menemukan bahwa 36 relawan mengambil 4,5 gram spirulina per hari, selama periode enam minggu, menunjukkan perubahan signifikan dalam kolesterol dan tekanan darah:
  1. Menurunkan kolesterol total
  2. Meningkatkan kolesterol HDL
  3. Menurunkan trigliserida
  4. Menurunkan sistolik dan diastolik tekanan darah.
Penelitian ini, bagaimanapun, tidak berisi kelompok kontrol; peneliti tidak yakin bahwa perubahan yang diamati adalah karena benar-benar, atau bahkan sebagian, dengan efek dari maxima Spirulina, sebagai lawan lain pengganggu variabel (yaitu, efek sejarah, efek pematangan atau karakteristik permintaan). Secara acak, studi double-blind dengan intervnsi placebo yang melibatkan pasien geriatri menyimpulkan bahwa spirulina secara signifikan membantu mengurangi rasio LDL -ke- HDL setelah empat bulan suplementasi.
Sebuah studi pada 2007 menyimpulkan bahwa spirulina meningkatkan antioksidan potensial pada banyak pasien geriatri yang diberikan selama 16 minggu. Plasma pasien ini menunjukkan peningkatan level status antioksidan total. Sebuah riset double-blind dengan kontrol placebo pada tahun 2006 menemukan bahwa suplemen spirulinamenurunkan jumlah creatine kinase (indikator kerusakan otot) pada individu setelah latihan (olah raga). Selanjutnya, waktu untuk kelelahan dari kelompok eksperimen selama latihan treadmill meningkat sebesar 52 detik. Efek ini diduga disebabkan oleh antioksidan potensial spirulina.
Lihat hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2010: Maria Kalafati; Athanasios Z. Jamurtas; Michalis G. Nikolaidis; Vassilis Paschalis; Anastasios A. Theodorou; Giorgos K. Sakellariou; Yiannis Koutedakis; Dimitris Kouretas, Ergogenic and Antioxidant Effects of Spirulina Supplementation in Humans, Medicine and Science in Sports and Exercise®. 2010;42(1):142-151, menyimpulkan efek positif terjadi, walaupun mekanisme itu tidak dipahami dengan baik.
Tidak ada efek samping yang diketahui dari mengkonsumsi spirulina, namun tubuh dapat bereaksi dengan gejala demam, pusing, mual, ruam atau gatal-gatal.
Konferensi Pangan Dunia PBB pada tahun 1974 memuji spirulina sebagai “MAKANAN TERBAIK UNTUK MASA DEPAN”. Menyadari potensi yang melekat spirulina dalam agenda pembangunan berkelanjutan, beberapa Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa bersama-sama membentuk sebuah organisasi antar pemerintah yang bernama Intergovernmental Institution for the use of Micro-algae Spirulina Against Malnutrition (IIMSAM). IIMSAM bercita-cita membangun sebuah konsensus dengan Negara-Negara Anggota PBB, komunitas internasional dan pemangku kepentingan lain untuk membuat spirulina sebagai pendorong utama untuk memberantas gizi buruk, mencapai keamanan pangan dan jembatan kesenjangan kesehatan di seluruh dunia.
Spirulina telah diusulkan oleh NASA (CELSS) dan Badan Antariksa Eropa (MELISSA) sebagai salah satu makanan utama yang akan dibudidayakan selama misi ruang angkasa dalam masa yang panjang.
KANDUNGAN NUTRISI
Protein
Spirulina megandung protein dengan jumlah yang luar biasa tinggi, antara 55% dan 77% dari berat kering, tergantung pada sumbernya. Ini adalah protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial , meskipun jumlah metionin, sistein, dan lisin yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan protein daging, telur dan susu. Namun demikian, jauh lebih unggul dibandingkan dengan tanaman khas protein, seperti yang kacang-kacangan.
Asam lemak esensial
Spirulina kaya asam gamma-linolenat (GLA), dan juga asam alfa-linolenat (ALA), asam linoleat (LA), asam stearidonic (SDA), asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosahexaenoic (DHA), dan asam arakhidonat (AA).
Vitamin
Spirulina mengandung vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (nicotinamide), B6 (pyridoxine), B9 (asam folat), vitamin C, vitamin D, vitamin A, dan vitamin E.
Mineral
Spirulina kaya akan kalium, dan juga mengandung kalsium, kromium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, natrium, dan seng.
Pigmen Fotosintesis
Spirulina mengandung banyak pigmen, termasuk klorofil-a, xantofil, beta-karoten, echinenone, myxoxanthophyll, zeaxanthin, canthaxanthin, diatoxanthin, 3′-hydroxyechinenone , -cryptoxanthin beta dan oscillaxanthin, ditambah phycobiliproteins c-phycocyanin dan allophycocyanin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar